SOAL PPG 2019 - PERSIAPAN UJIAN PEDAGOGIK
1. Seorang siswa diminta untuk
mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan
dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi
ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan
kognitif
B. kemampuan
interaksional
C. kemampuan
integrasi diri
D. kemampuan
komunikatif
2. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan
untuk memecahkan masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan
untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2
tahun
B. 2 --
7 tahun
C. 7 --
11/12 tahun
D. 11/12/
-- 14/15 tahun
4. Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan
dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat
konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang
peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak
memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain
yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan
cenderung belajar sendiri.
Peserta
didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Peserta
didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan
tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal
ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran
pascakonvensional
B. penalaran
konvensional
C. penalaran
prakonvensional
D. penalaran
interkonvensional
8. Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A. mengemukakan
gagasan
B. mengaktualisasikan
diri
C. penciptaan
hubungan yang baik
D. menformulasikan
tindakan
10. Seorang
peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan
lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai
menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta
didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor
....
A. intelegensi
dan kognitif
B. budaya
dan pembiasaan
C. keluarga
dan lingkungan masyarakat
D. emosional
dan kepribadian
11. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan
akademis
B. gangguan
simbolik
C. gangguan
nonsimbolik
D. gangguan
sosial
12. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
13. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan
pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus
dan RPP
D. SKL
19. Komponen
rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
B. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
D. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah
pembelajaran
20. Silabus
dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
A. Silabus
berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk
mencapai kompetensi dasar
B. Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari
standar kompetensi lulusan
C. RPP
dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP
dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah
satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi
atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP
bersumber dari silabus
D. Alokasi
waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan
beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai
berikut ......
1) Kompetensi
dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator
: menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan
komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak
lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu
peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
23. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan,
pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi
Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan
ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan,
pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A. Role
Playing
B. Inquiry
C. Problem
Solving
D. Picture
and Picture
26. Faktor
yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A. Waktu
yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus
didiskusikan
C. Jumlah
peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
27. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
28. Apa
yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan
kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan
isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab
sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah
satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat
kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat
perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten
(ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus
saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri
kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing
dengan teman
B. Guru
kreatif
C. Pengalaman
nyata
D. Menggunakan
satu sumber
31. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak
dipelajari
D. Menarik
minat
32. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal
siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok
kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan
tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam
kriteria...
A. tujuan
B. sasaran
didik
C. ketersediaan
D. konteks
penggunaan
34. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik
harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik
harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. media
yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media
yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. media
tradisional dan media berbasis TIK
D. media
dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih
media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini.
Pertimbangan
dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran
adalah:
A. media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
TIK
B. sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih
media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi
media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat
konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut
ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian
googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A. program
mencari informasi
B. program
desktop publishing
C. program
untuk menjelajahi laman
D. program
penciptaan laman
42. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah
satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
44. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft
powerpoint
D. Microsoft
Desktop Publishing
45. pertanyaan,
mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah
yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam
mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya,
dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan
membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek
(materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran
yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek
based learning
B. discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
47. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan
yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran
....
A. Project
based learning
B. inquiry
learning
C. Discovery
learning
D. problem
based learning
48. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1) Penentuan
Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun
Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project),
5) Menguji
Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan
yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
2) Orientasi
siswa pada masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
Jika
langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem
Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan
guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan
guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi
KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai
acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan
target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat
digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program
pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai
kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif
atau kuantitatif.
52. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
53. Untuk
menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai
tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang
tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk
melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen
yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses
pembelajaran adalah:
A. Pedoman
observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman
wawancara
D. Tes
hasil belajar
55. Sebelum guru
menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku
sumber yang digunakan
B. Kurikulum
dan silabus
C. Indikator pencapaian
kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
56. Salah satu
prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus
terpadu artinya:
A. penilaian
berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian
berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian
harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian
hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A. Konstruksi
butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi
yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa
yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk
mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu
rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan
baku
59. Standar
penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian
hasil belajar peserta didik
B. Penilaian
proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian
silabus dan RPP
D. Penilaian
standar kompetensi lulusan
60. Penilaian
adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar.
Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh
kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya,
bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada
aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A. proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64. . Kriteria
ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan
oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
66. Penilaian
hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan
dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic
assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan
tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. penilaian
menyeluruh
C. penilaian
acuan patokan
D. penilaian
acuan norma
68. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan
demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada
pendekatan ....
a. Penilaian
berkelanjutan
b. Penilaian
autentik
c. Penilaian
acuan patokan
d. Penilaian
acuan norma
69. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan
penilaian
B. prinsip
penilaian
C. fungsi
penilaian
D. hasil
penilaian
70. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip
penilaian
B. tujuan
penilaian
C. fungsi
penilaian
D. bentuk
penilaian.
71. Assesment
hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian
yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian
yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di
bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil
belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan
data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata
hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15
sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah
15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat
dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi
tugas mengerjakan lembar kerja siswa
78. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A. proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan
masalah
B. mengidentifikasi
masalah
C. Merancang
PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun
proposal penelitian
82. Mengetahui
proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c)
keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model
rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini
sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis
penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A.
observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan
masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan
masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B. Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam
Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan
guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan
untuk membantu guru
D. kepedulian
peneliti akan kinerja guru
86. Di
bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran
diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan
yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya
empiris dan sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan
data
B. Menganalisis
masalah
C. Mencapai
tujuan
D. Menentukan
ruang lingkup
88. Peran
guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru
dan Peneliti
D. Objek
Penelitian
89. Berikut
ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C. Diskusi
balikan
D. Analisis
data
90. Tujuan
PTK adalah…
A. Perbaikan
KBM
B. Menyusun
teori baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
91. Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar
belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari
PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
93. Persiapan
awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan
cara wawancara
B. Membuat
analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat
rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
94. Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan
untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut
ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi
solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D. Observasi
dan inperetasi.
96. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk
mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. untuk
mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk
melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa
prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa
peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
0 Response to "SOAL PPG 2019 - PERSIAPAN UJIAN PEDAGOGIK"
Post a Comment