Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMA (Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum)
Dari penjelasan pada aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal asesmen numerasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas.
Anda telah mengenali level-level perkembangan kompetensi numerasi siswa SMA. Pada aktivitas ini, Bapak dan Ibu akan berlatih membuat butir soal numerasi yang akan membantu siswa Anda untuk berlatih menggunakan kompetensi numerasi untuk bernalar dalam pembelajaran di kelas. Bagaimana langkahnya? Mari kita berlatih.
Pertama, pahami kompetensi numerasi siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih kasus yang sesuai. Misalnya, dari kedua gambar berikut ini manakah yang paling sesuai dengan level yang anda ampu, Apakah gambar 1, atau gambar 2? Jelaskan.
Kedua, setelah memilih kasus sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi.
Ketiga, dari kompetensi numerasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan gambar yang Anda pilih tadi.
Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar numerasinya dalam penalaran.
Jawaban
1. Memilih gambar 2, karena sesuai dengan kompetensi numerasi siswa yang ampu
2. Kompetensi: Memahami barisan Aritmetika dan geometri
3. Membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan gambar yang telah pilih dari kompetensi numerasi:
1. Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.
Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko Rejeki dan toko Makmur carilah masing-masing harga dari setiap alat tulis baik penghapus, buku tulis maupun bolpoin, bu Siti menarik kesimpulan bahwa …
A Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih mahal dari toko Makmur.
B Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
C Harga sebuah penghapus di toko Rejeki sama dengan di toko Makmur.
D Harga sebuah penghapus di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
E Harga sebuah bolpoin di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
Jawaban:
B
2. Berdasarkan paket-paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur, Bu Siti mengatakan bahwa harga sebuah bolpoin di toko Makmur lebih murah Rp550,00 dibanding harga di toko Rejeki.Benarkah pernyataan bu Siti?
A. Benar
B. Salah
Jawaban:
B. Salah
3. Masih berkaitan dengan soal No. 1 di atas, Bu Siti ingin membuat 6 bungkus hadiah dengan tiap bungkushitunglah jumlah tiap-tiap alat tulisnya sama. Supaya pemulihan hadiah dengan dara termurah, sebaiknya paket alat tulis yang dibeli Bu Siti adalah...
A. 2 paket hemat + 3 pakai sedang
B. 2 paket lengkap + 6 paket murah
C. 3 paket murah + 2 paket besar
D. 3 paket ekonomis + 5 paket murah
E. 6 paket murah + 3 paket besar
Jawaban:
E
0 Response to "Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMA (Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum)"
Post a Comment