-->

Soal Hots Fisika SMP

Dua orang pegawai toko gula setiap hari harus bekerja mendorong bersama-sama menaikkan peti-peti berisi gula dengan berat masing-masing 900 N ke atas mobil pick up. Untuk memudahkan pekerjaannya, pegawai tersebut menggunakan bidang miring seperti pada Gambar (1).

Karena permintaan pengiriman semakin besar, pemilik toko mengganti mobil pikap lamanya dengan truk baru yang lebih besar, namun para pegawai tersebut menjadi kesulitan untuk menaikkan peti-peti gulanya karena tinggi bak truk yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang lama seperti ditunjukkan pada Gambar (2).


Cara yang dapat dilakukan pemilik toko agar lebih mudah menaikkan peti-peti gulanya ke atas bak truk barunya adalah....
A. mengurangi berat peti-peti gula yang semula 900 N menjadi 750 N
B. dua pegawai semua ditambah satu pegawai lagi dengan gaya dorong 65 N
C. mengganti dua pegawai semula dengan pegawai lain yang gaya dorongnya 150 N dan 125 N
D. mengganti papan lintasan bidang miring dengan papan yang panjangnya 320 cm

Kunci Jawaban : D 

Penjelasan: Soal di atas termasuk HOTS, karena untuk menjawab masalah pada soal peserta didik harus memahami konsep materi pesawat sederhana, bidang miring khusunya. Peserta didik dituntut berpikir kritis menganalisis ketika diberikan kondisi baru atau kondisi yang tidak biasa dengan melakukan penghitungan besaran-besaran dalam kondisi baru tersebut. Kemudian menentukan cara yang dapat dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan kondisi baru tersebut berdasarkan besaran-besaran yang telah dihitung

0 Response to "Soal Hots Fisika SMP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel