Tumbuh Kembang Manusia
1. Dapat
dikatakan usia anak sekolah jika rentang usianya antara….. tahun
a. 6 - 8
b. 6 - 9
c. 6 - 10
d. 6 - 11
e. 6 - 12
2. Sekolah dan rumah sangat mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan masa anak
sekolah,
kompetensi
yang dapat dikembangkan yaitu…..
a. Keterampilan fisik dan kognitif
b. Keterampilan fisik, kognitif, dan psikososial
c. Keterampilan fisik, kognitif, dan kultural
d. Keterampilan fisik, kognitif, danbudaya
e. Keterampilan fisik dan psikososial
3. Pada masa sekolah, pertumbuhan tinggi badan rata-rata……
a.4
cm
b.5
cm
c.6
cm
d.7
cm
e.8
cm
4. Tahap perkembangan pada masa sekolah dapat diketahui
berdasrkan ketera, pilan motoric kasar dan motoric halus. Dibawahini yang termasuk kemampuan
motoric halus usia 11-12 tahun yaitu…
a.
Belajar memainkan instrument music
b.
Menggunkan sendok dan garpu secara bersamaan
c.
Menggunting,menempel,melipat kertas
d.
Menggambar sesuatu dengan symbol
e.
Membuat model pesawat terbang sederhana
5. Tahap perkembangan
keterampilan motoric kasar pada usia 8-10 tahun yaitu…..
a. Melompat dan meloncat dalam kotak kecil
b.
Belajar bermain lompat tali, mengendarai sepeda
c.
Dapat menangkap atau melempar bola yang jauh
d.
Dapat melakukan lompat jauh
e.
Dapat melakukan lompat tinggi
6. Pada masa
sekolah, keterampilan motoric kasar yang dapat terlihat pada usia 6-7 tahunyaitu…..
a.
Menggunting, melipat, menempelkan kertas
b.
Menulis dengan pensil
c.
Menggambar orang 12-16 bagian
d.Mencontoh
e.
Melompat dan meloncat dalam kotak kecil
7.Tahap pertumbuhan
dan perkembangan masa sekolah dapat dikategorikan menjadi tiga tahapan usia
yaitu….
a. 6-7,8-10,11-12
tahun
b. 7-9,9-10,10-12
tahun
c. 7-10,10-11,11-12
tahun
d. 7-9,9-11,11-12
tahun
e. 7-8,8-10,10-12
tahun
8. Selama masa sekolah,
anak mengembangkan kompetensi dalam keterampilan fisik, kognitif, dan
psikososial. Pada masa ini, potensi terjadi
gangguan berikut ini, kecuali….
a.
Gangguan perkembangan
b.
Masalah
c. Tidak
ada dukungan orang tua yang maksimal
d.
adanya cacat fisik dan pelecehan terhadap anak
e.
Faktor biaya karena anak mulai masuk sekolah
9. Perawat mempunyai peran dalam pertumbuhan dan
perkembangan masa sekolah.
Peran perawat pada tahap ini yaitu kecuali…..
a.
Mendeteksi kelainan yang mungkin timbul dan melakukan penanganan sementara
b.
Mempersiapkan keluarga untuk anaknya yang akan memisahkan diri
c.
Mempersiapkan keluarga dalam proses perpisahan
d.
Membiarkan anak untuk tidak sekolah yang memiliki mutu tinggi
e.
Menyiapkan keluarga untuk tidak peduli terhadap tekanan dari masyarakat
10. Anak usia sekolah harus dapat menyesuaikan diri
dengan sekolah, rumah, dan teman sebaya. Peran
orang tua pada masa ini yaitu…..
a.
Membiarkan anak membuat keputusan, menolak tanggung jawab, dan belajar dari pengalaman
kehidupan
b.
Membantu anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab, dan belajar dari pengalaman
kehidupan
c.
Membiarkan anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab, dan belajar dari pengalaman
kehidupan
d.
Membiarkan anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab
e.
Melarang anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab, dan belajar dari pengalaman
kehidupan.
11. Remaja merupakan
masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa pada usia….
a. 13-22 tahun
b. 13-21 tahun
c. 13-20 tahun
d. 13-19 tahun
e. 13-19 tahun
12. Usia remaja biasa
disebut dengan istilah adolenses. Adolensens yaitu…
a. Biasanya menunjukkan maturasi social
individu
b. Biasanya menunjukan imaturasi
spiritual individu
c. Biasanya menunjukan prematurasi psikologis
individu
d. Biasanya menunjukkan maturasi psikologis
individu
e. Biasanya menunjukkan maturasi kognitif
individu
13. Adolensens merupakan
masa yang penuh gejolak dan perawat dapat
memberikan pendidikan
kesehatan melalui….
a. Workshop
b. Seminar Internasional
c. Seminar di perusahan-perusahan
d. Pendidikan kesehatan di desa-desa
e. Seminar di SMU dansederajat
14. Pada remaja, Perubahan fisik berfokus pada empat
hal berikut ini, kecuali….
a. Meningkatkan kecepatan perubahan skelet,
otot, danvisera
b. Perubahan psikologis, seperti perasaan
yang bergejolak
c. Perubahan spesifik seks, seperti perubahan
bahu dan lebar pinggul
d. Perubahan distribusi otot dan lemak
e. Perkembangan system reproduksi dan karakteristik
seks sekunder
15. Anak Afrika dan Amerika lebih awal mencapai proporsi
tinggi yang lebih besar saat dewasa dari
pada anak Indonesia. Hal tersebut dipengaruhi
oleh…
a. variasi kultur
b. variasi social
c. variasi lingkungan
d. variasi teman sebaya
e. variasi kegiatan sehari-hari
16. Spermatogenesis
merupakan karakteristik perubahan fisiologis pada remaja laki-laki usia….
a.
10-14 tahun
b.
10-15 tahun
c.
11-15 tahun
d.
11-17 tahun
e.
11-21 tahun
17. Menarke merupakan
karakteristik perubahan fisiologis pada adolesensusia…
a. 8-15 tahun
b. 10-18 tahun
c. 8-13 tahun
d. 8-14 tahun
e. 10-16 tahun
18. Munculnya rambut halus pada wajah merupakan karakteristik
perubahan fisiologis pada remaja
laki-laki pada usia…..
a.
12-13 tahun
b.
12-14 tahun
c. 12
-15 tahun
d.
12-16 tahun
e.
12-17 tahun
19. Pelebaran dan
pendalaman pelvis pada anak perempuan,
pada usia…..
a. 11-18 tahun
b. 10-18 tahun
c.11-15 tahun
d. 10-17 tahun
e. 11-20 tahun
20. Ovulasi dan lengkapnya perkembangan payudara pada
remaja perempuan, padausia….
a. 14-18 tahun
b. 11-18 tahun
c. 14-17 tahun
d.
14-16 tahun
e.
14-20 tahun
21. Perubahan suara awal (serak) remaja laki-laki,
pada usia…..
a.
11-14,5 tahun
b.
11-14 tahun
c.11-15
tahun
d.11-15,5
tahun
e.11-16
tahun
22. Penyimpangan perkembangan dapat terjadi pada adolensens.
Salah satu peyimpangan/masalah
kesehatan yaitu….
a.
Penyalahgunaan obat dan alcohol
b.
Memberikan kebebasan pada remaja dengan memperhatikan norma dan perannya
c.
Memfokuskan kembali hubungan kekeluargaan dari pasangan
d.
Memusatkan kembali hubungan perkawinan, dengan
tetap mampu membagi waktu antara tugas
luar dan tugas di dalam keluarga
e.
Komunikasi terbuka antara orang tua dan anak
23. Perawat mempunyai
peran penting dalam tahap perkembangan adolesens. Peran perawat pada
tahap ini yaitu….
a. Membiarkan
anak membuat keputusan, menolak tanggungjawab, dan belajar dari pengalaman
kehidupan
b. Konseling
dengan keluarga dan anak yang dapat menjadi dasar tanggungjawab terhadap diri dan
orang lain serta lingkungan
c. Konseling
dengan keluarga dan anak yang tidak dapat menjadi dasar tanggungjawab terhadap
diri dan orang lain serta lingkungan
d. Konseling dengan anak tanpa batasan yang jelas
e. Konseling dengan keluarga tanpa tujuan yang
pasti
24. Anak yang berusia 6-12 tahun, memiliki fisik lebih
kuat mempunyai individual serta aktif dan
tidak
bergantung pada orang tua, merupakan pengertian….
a. Anak paud
b. Anak Remaja
c. Anak usia sekolah
d. Anak usia muda dini
e. Anak usia lansia
25. Periode perkembangan ketika individu mengalami
perubahan dari masa kanak-kanak menuju
dewasa, p engertian……
a.
Anak paud
b.
Anak Remaja
c.
Anak usia sekolah
d.
Anak usia muda dini
e.
Anak usia lansia
Esay
1. Bagaimana peran
perawat pada tahap pertumbuhan dan perkembangan pada masa usia sekolah
2. Bagaimana peran
perawat pada tahap pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja
3. Sebutkan cara
mencapai tugas perkembangan pada masa remaja
4. Sebutkan gangguan
pertumbuhan dan perkembangan masa remaja
5.
Buatlah 1 contoh kenakalan remaja yang sering kalian liat di lingkungan sekitar
kalian, dan
bagamana cara mengatasinya
0 Response to "Tumbuh Kembang Manusia"
Post a Comment