-->

Tumbuh Kembang Manusia


1. Dapat dikatakan usia anak sekolah jika rentang usianya antara….. tahun
a.  6 - 8
b.  6 - 9
c.  6 - 10
d.  6 - 11
e.  6 - 12

2.   Sekolah dan rumah sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan masa anak
 sekolah,
  kompetensi yang dapat dikembangkan yaitu…..
a.  Keterampilan fisik dan kognitif
b.  Keterampilan fisik, kognitif, dan psikososial
c.  Keterampilan fisik, kognitif, dan kultural
d.  Keterampilan fisik, kognitif, danbudaya
e.  Keterampilan fisik dan psikososial

3.  Pada masa sekolah, pertumbuhan tinggi badan  rata-rata……
a.4 cm
b.5 cm
c.6 cm
d.7 cm
e.8 cm

4.  Tahap perkembangan pada masa sekolah dapat diketahui berdasrkan ketera, pilan motoric  kasar   dan motoric halus. Dibawahini yang termasuk kemampuan motoric halus usia 11-12  tahun yaitu…
a. Belajar memainkan instrument music
b. Menggunkan sendok dan garpu secara bersamaan
c. Menggunting,menempel,melipat kertas
d. Menggambar sesuatu dengan symbol
e. Membuat model pesawat terbang sederhana

5. Tahap perkembangan keterampilan motoric kasar pada usia 8-10 tahun yaitu…..
a.  Melompat dan meloncat dalam kotak kecil
b. Belajar bermain lompat tali, mengendarai sepeda
c. Dapat menangkap atau melempar bola yang jauh
d. Dapat melakukan lompat jauh
e. Dapat melakukan lompat tinggi

6.   Pada masa sekolah, keterampilan motoric kasar yang dapat terlihat pada usia 6-7 tahunyaitu…..
a. Menggunting, melipat, menempelkan kertas
b. Menulis dengan pensil
c. Menggambar orang 12-16 bagian
d.Mencontoh
e. Melompat dan meloncat dalam kotak kecil

7.Tahap pertumbuhan dan perkembangan masa sekolah dapat dikategorikan menjadi tiga tahapan usia
      yaitu….
a. 6-7,8-10,11-12 tahun
b. 7-9,9-10,10-12 tahun
c. 7-10,10-11,11-12 tahun
d. 7-9,9-11,11-12 tahun
e. 7-8,8-10,10-12 tahun

8. Selama masa sekolah, anak mengembangkan kompetensi dalam keterampilan fisik, kognitif, dan
     psikososial. Pada masa ini, potensi terjadi gangguan berikut ini, kecuali….
a. Gangguan perkembangan
b. Masalah
c. Tidak ada dukungan orang tua yang maksimal
d. adanya cacat fisik dan pelecehan terhadap anak
e. Faktor biaya karena anak mulai masuk sekolah

9.   Perawat mempunyai peran dalam pertumbuhan dan perkembangan masa sekolah.
     Peran perawat pada tahap ini yaitu kecuali…..
a. Mendeteksi kelainan yang mungkin timbul dan melakukan penanganan sementara
b. Mempersiapkan keluarga untuk anaknya yang akan memisahkan diri
c. Mempersiapkan keluarga dalam proses perpisahan
d. Membiarkan anak untuk tidak sekolah yang memiliki mutu tinggi
e. Menyiapkan keluarga untuk tidak peduli terhadap tekanan dari masyarakat

10.  Anak usia sekolah harus dapat menyesuaikan diri dengan sekolah, rumah, dan teman sebaya. Peran
        orang tua pada masa ini yaitu…..
a. Membiarkan anak membuat keputusan, menolak tanggung jawab, dan belajar dari pengalaman
    kehidupan  
b. Membantu anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab,  dan belajar dari pengalaman
kehidupan
c. Membiarkan anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab,  dan belajar dari pengalaman
 kehidupan
d. Membiarkan anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab
e. Melarang anak membuat keputusan, menerima tanggungjawab, dan belajar dari pengalaman
kehidupan.

11. Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa pada usia….
       a. 13-22 tahun
       b. 13-21 tahun
       c. 13-20 tahun
       d. 13-19 tahun
       e. 13-19 tahun

12. Usia remaja biasa disebut dengan istilah adolenses. Adolensens yaitu…
       a. Biasanya menunjukkan maturasi social individu
       b. Biasanya menunjukan imaturasi spiritual individu
       c. Biasanya menunjukan prematurasi psikologis individu
       d. Biasanya menunjukkan maturasi psikologis individu
       e. Biasanya menunjukkan maturasi kognitif individu

13. Adolensens merupakan masa yang penuh gejolak dan perawat dapat  memberikan pendidikan
       kesehatan melalui….
       a. Workshop
       b. Seminar Internasional
       c. Seminar di perusahan-perusahan
       d. Pendidikan kesehatan di desa-desa
       e. Seminar di SMU dansederajat

14.  Pada remaja, Perubahan fisik berfokus pada empat hal berikut ini, kecuali….
       a. Meningkatkan kecepatan perubahan skelet, otot, danvisera
       b. Perubahan psikologis, seperti perasaan yang bergejolak
       c. Perubahan spesifik seks, seperti perubahan bahu dan lebar pinggul
       d. Perubahan distribusi otot dan lemak
       e. Perkembangan system reproduksi dan karakteristik seks sekunder

15.  Anak Afrika dan Amerika lebih awal mencapai proporsi tinggi yang  lebih besar saat dewasa dari
       pada anak Indonesia. Hal tersebut dipengaruhi oleh…
       a. variasi kultur
       b. variasi social
       c. variasi lingkungan
       d. variasi teman sebaya
       e. variasi kegiatan sehari-hari

16. Spermatogenesis merupakan karakteristik perubahan fisiologis pada remaja laki-laki usia….
a. 10-14 tahun
b. 10-15 tahun
c. 11-15 tahun
d. 11-17 tahun
e. 11-21 tahun

17. Menarke merupakan karakteristik perubahan fisiologis pada adolesensusia…
       a. 8-15 tahun
       b. 10-18 tahun
       c. 8-13 tahun
       d. 8-14 tahun
       e. 10-16 tahun

18.  Munculnya rambut halus pada wajah merupakan karakteristik perubahan fisiologis pada remaja
       laki-laki pada usia…..
a. 12-13 tahun
b. 12-14 tahun
c. 12 -15 tahun
d. 12-16 tahun
e. 12-17 tahun

19. Pelebaran dan pendalaman pelvis pada anak perempuan,  pada usia…..
       a. 11-18 tahun
       b. 10-18 tahun
       c.11-15 tahun
       d. 10-17  tahun
       e. 11-20 tahun

20.  Ovulasi dan lengkapnya perkembangan payudara pada remaja perempuan, padausia….
       a. 14-18 tahun
       b. 11-18 tahun
       c. 14-17 tahun
d. 14-16 tahun
e. 14-20 tahun

21.   Perubahan suara awal (serak) remaja laki-laki, pada usia…..
a. 11-14,5 tahun
b. 11-14 tahun
c.11-15 tahun
d.11-15,5 tahun
e.11-16 tahun

22.  Penyimpangan perkembangan dapat terjadi pada adolensens. Salah  satu peyimpangan/masalah
 kesehatan yaitu….
a. Penyalahgunaan obat dan alcohol
b. Memberikan kebebasan pada remaja dengan memperhatikan norma dan perannya
c. Memfokuskan kembali hubungan kekeluargaan dari pasangan
d. Memusatkan kembali hubungan perkawinan,  dengan tetap mampu membagi waktu antara tugas
 luar dan tugas di dalam keluarga
e. Komunikasi terbuka antara orang tua dan anak

23. Perawat mempunyai peran penting dalam tahap perkembangan adolesens.  Peran perawat pada
       tahap ini yaitu….
a.       Membiarkan anak membuat keputusan, menolak tanggungjawab,  dan belajar dari pengalaman
 kehidupan
b.      Konseling dengan keluarga dan anak yang dapat menjadi dasar tanggungjawab terhadap diri dan  orang lain serta lingkungan
c.       Konseling dengan keluarga dan anak yang tidak dapat menjadi dasar tanggungjawab terhadap
 diri dan orang lain serta lingkungan
d.  Konseling dengan anak tanpa batasan yang jelas
e.  Konseling dengan keluarga tanpa tujuan yang pasti

24.  Anak yang berusia 6-12 tahun, memiliki fisik lebih kuat mempunyai individual  serta aktif dan
        tidak bergantung pada orang tua, merupakan pengertian….
       a. Anak paud
       b. Anak Remaja
       c. Anak usia sekolah
       d. Anak usia muda dini
       e. Anak usia lansia

25.  Periode perkembangan ketika individu mengalami perubahan dari masa kanak-kanak menuju
       dewasa, p engertian……
a. Anak paud
b. Anak Remaja
c. Anak usia sekolah
d. Anak usia muda dini
e. Anak usia lansia


Esay
1. Bagaimana peran perawat pada tahap pertumbuhan dan perkembangan pada masa usia sekolah
2. Bagaimana peran perawat pada tahap pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja
3. Sebutkan cara mencapai tugas perkembangan pada masa remaja
4. Sebutkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan masa remaja
5. Buatlah 1 contoh kenakalan remaja yang sering kalian liat di lingkungan sekitar kalian, dan
     bagamana cara mengatasinya

0 Response to "Tumbuh Kembang Manusia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel